Menikmati Sejuknya Udara Pagi Hari di Tebing Keraton Kota Bandung

Sudah lama ku dengar cerita tentang  keindahan pemandangan alam Indonesia tentang  bukit bukit nya yang diwaktu pagi mempunyai daya pikat yang luar biasa. Ya, salah satunya adalah Tebing keraton yang berada di kawasan taman hutan lindung kota Bandung. Di waktu weekend sengaja saya sempatkan untuk berkunjung kesana, bersama teman-teman  membuat perjalanan wisata kesana.

Kami tinggal di kota bekasi dan perjalanan dari bekasi ke kota bandung kurang lebih 2 jam dengan kendaraan pribadi  atau pun bus antar kota. Di waktu berangkat kami sedikit agak pesimis karena selama perjalanan  di guyur hujan yang sangat lebat sampai dikota bandung, kami berangkat sore hari dan sampai di kota bandung malam hari dan setelah dapat hotel untuk menginap kami pun istirahat agar bisa bangun sebelum fajar tiba.

Minggu pagi tepatnya setelah sholat subuh kami bergegas untuk berangkat ke tebing keraton. Kebetulan hotel tempat menginap kami pun juga tidak terlalu jauh dari tebing keraton dengan waktu 30 menit kami sudah sampai dilokasi wisata tersebut. Untuk menuju lokasi tebing keraton selain menggunakan kendaraan pribadi bisa juga memanfaatkan layanan Gojek lewat aplikasi smartphone  dimana untuk di kota bandung pada waktu itu tarif jauh dekat IDR 15000, cukup murah kan?   :)

Untuk sampai di obyek nya kendaraan pribadi (mobil) harus parkir di bawah, karena sudah disiapin tempat untuk parkir selain itu juga alasannya untuk lahan rejeki buat tukang ojek kawasan tersebut akan tetapi jika membawa motor sendiri bisa langsung naik ke obyeknya tapi hati-hati ya gaes, karena jalanan menuju ke objek nya menanjak dan cukup terjal, licin pula apalagi kalau malam nya habis hujan, pasti bakal menjadi track menantang bagi yang hobbi naik sepeda atau motor cross :D Jarak  dari parkiran sampai di objek lumayan jauh sih kurang lebih bisa 30 – 45 menit kalau jalan kaki, karena waktu itu kami ingin menikmati udara pagi maka kami memutuskan untuk jalan kaki dari parkiran sampai ke obyek tebing keraton. Selama perjalanan banyak tukang ojek yang nawarin jasa ojek untuk sampai lebih cepat ke obyek tebing keraton, mereka menawarkan harga IDR 40.000 hingga 20.000 per orang.. ahh, punten mang abdi teh, hoyong mapah wae supados sehat.. (“Maaf bang, kita ingin jalan kaki aja biar sehat”).. Sahut temen ku yang  belum lulus tranning bahasa sunda,, hehe.. ya, begitulah mungkin karena temen-temen kami juga ada orang sunda, jadi sedikit banyak kami jadi belajar bahasa sunda.

Perjalanan dari parkir mobil sampai obyek tebing keraton lumayan nanjak gaes untuk di tempuh dengan jalan kaki selain itu juga jalanan yang berbatu ditambah lagi basah habis di guyur hujan semalaman membuat  jalanan makin menantang  :)  Kalau yang sering olahraga sih ga kaget ketemu jalanan nanjak tapi bagi yang jarang olahraga ya bakal ngos-ngosan juga..hahaha

Persawahan terasering dan pohon-pohon pinus menjadi pemandangan kami pagi hari itu dan setelah kurang lebih 30 menit berjalan sampailah kami di tebing keraton. Untuk masuk obyek wisatanya dengan beli tiket masuk IDR 11.000 untuk wisatawan domestic dan untuk wisatawan mancanegara IDR 76.000, obyek wisata ini sudah mengalami perbaikan pada bulan Oktober kemarin, hampir sebulan penuh obyek  wisata ini ditutup untuk dipugar mengingat obyeknya bukit ditempat ketinggian perlu dibenahi lagi jalan-jalan, pagar pembatas dan penambahan sarana prasarana dilokasi wisatanya, begitulah penuturan warga dan para pedagang yang berada dilokasi sewaktu kami mampir untuk sekedar minum kopi dan mencicipi hidangan ala kampung warga sekitar.. eumm, menyenangkan sekali  :) Menurut kabarnya dalam waktu dekat juga akan dibangun sarana bumi perkemahan didekat lokasi tersebut, wah makin tambah rame aja nih kedepannya yaa..

Semoga ja, dengan ramenya obyek wisata ini juga berimbas pada perekonomian warga sekitar menjadi lebih baik, tentunya sikap ramah warga dan baiknya pelayanan obyek wisata ini akan meninggalkan  testimoni yang baik dari pengunjung / wisatawan yang berkunjung.