ERA BARU PERTUMBUHAN INTERNET


"Dunia dalam genggaman" mungkin kalimat itu yang menjadi slogan netizen era ini, dimana untuk mengakses informasi dari world wide web  cukup melalui jendela browser smartphone maupun tablets. Tidak bisa di pungkiri perkembangan teknologi digital semakin pesat dari waktu ke waktu dan memaksa kita untuk pintar dan bijak dalam mengunakannya. Inilah era baru, era digital yang cepat atau lambat akan menggantikan media informasi konvensional.


Seiring pertumbuhan smartphone dan tablets yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir menunjukan bahwa arah pertumbuhan internet mengarah ke jaringan nirakabel (wi-fi) tentunya akan menjadi persaingan yang ketat bagi produsen gadget dan penyedia internet untuk memberikan layanan yang terbaik bagi konsumennya. Data pengguna internet dunia  menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dan berikut data dari  www.internetlivestats.com


Seperti yang telah dirilis media online dailymail.co.uk bahwa google telah menginvestasikan 180 satelite untuk menyediakan akses internet nirakabel (wi-fi) agar internet dapat di jangkau di penjuru dunia bahkan sampai ke pelosok / pedalaman yang sampai saat ini masih terkucilkan karena masalah jaringan yang belum dapat menjangkaunya. Untuk project ini Google mengklaim akan mengivestasikan lebih dari $ 1 milyar  (£600m). Adalah Greg Wyler pendiri perusahaan satelite komunikasi O3b network Ltd. yang bergabung dengan Google untuk mengembangkan project satelite internet wi-fi ini.

Di bulan April tahun lalu Google juga telah mengakuisisi Titan Aerospace, sebuah perusahaan start up drone yang membuat robot terbang tinggi dan satelite yang sebelumnya di targetkan oleh Facebook sebagai akuisisi potensial. Dengan adanya drone titan tersebut diharapkan mampu menyediakan konektivitas ke daerah terpencil. Drone Titan Aerospace ditutupi sekitar 3000 panel surya yang mampu menyediakan 7 KW listrik untuk terbang diatas awan selama terkena sinar matahari secara terus menerus di siang hari. Fungsi dari drone ini adalah untuk pengawasan, monitoring tanaman, cuaca dan bencana atau untuk menyediakan sarana komunikasi.
source image : dailymail.co.uk


Comments